3:52 am - Sunday 26 September, 2021

Detoks dengan Jus Sayur Buah, Sehat dan Lezat!

Mar 4, 2016 796 Viewed dewanti
Detoks Jus Buah dan Sayur

BukaFakta.com – Olahraga dan konsumsi makanan bergizi sudah menjadi gaya hidup sebagian besar orang di kota – kota metropolitan pada saat ini. Tingginya angka penyakit seperti diabetes, jantung, dan kolesterol yang sudah mulai merambah ke kaum muda menjadi salah satu alasan berubahnya pola hidup sebagian besar orang.

Selain dengan berolahraga secara rutin, konsumsi makanan sehat pun mulai dilirik oleh para kaum urban. Bisnis makanan organik dan katering diet sehat selalu kebanjiran pesanan, karena ini adalah salah satu cara yang bisa dikatakan cukup efektif untuk mengonsumsi makanan sehat tanpa perlu repot.

Nah, bagi Anda yang peduli dengan kesehatan tubuh masih ada satu cara lagi yang bisa dipertimbangkan dalam salah satu bagian untuk mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat yaitu dengan detoksifikasi dengan menggunakan jus buah.

Bagi Anda yang belum mengetahuin, detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun dalam tubuh yang dapat menyebebkan berbagai penyakit, baik penyakit infeksi ataupun penyakit akibat gaya hidup, seperti jantung koroner dan obesitas.

Proses detoks ini bisa terjadi jika enzim tubuh Anda bekerja dengan baik, salah satu faktor yang memacu tingginya kerja enzim adalah dengan konsumsi buah dan sayur segar, seperti apel, semangka, seledri, bit, tomat, mentimun, lemon, dan lain – lain.

BACA JUGA :  Waspadai Kanker Paru-Paru Tidak Terdeteksi Sejak Awal

Buah dan sayur segar umumnya memiliki berbagai vitamin dan mineral penting yang bisa memacu kerja enzim dalam tubuh, dan salah satu upaya yang efektif dalam mengonsumsi buah dan sayuran dalam bentuk segar tanpa dimasak adalah dengan dijus.

Minuman jus ini lebih mudah diserap karena bentuknya yang sudah cair, sehingga proses mencernanya tidak sulit dilakukan. Rasa jus buah dan sayur pada umumnya juga lebih mudah diterima oleh lidah kita. Hal inilah yang menyebabkan jus buah dan sayuran segar adalah salah satu cara yang efektif untuk melakukan detoks.

Memang ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan detoks dengan jus, diantara adalah menggunakan juicer yang tepat. Anda perlu menghindari penggunaan blender dalam pembutan jus, hal ini dikarenakan panas dari perputaran blender dpat menyebabkan beberapa zat gizi seperti vitamin, akan hilang.

Proses detoks dengan jus ini dapat Anda lakukan selama satu hari atau tiga hari berturut – turut dengan cara hanya mengonsumsi jus saja tanpa makanan lainnya. Namun, Anda perlu melakukan beberapa tahapan pre-detoks dan post­-detoks dengan cara meningkatkan konsumsi sayur dan buah mentah seperti salad dan menghindari makanan yang digoreng.

BACA JUGA :  Bau Badan Rupanya Bukan Disebabkan Dari Keringat, tetapi Penyebabnya Ini Lho!

Proses ini biasanya dilakukan dua hari sebelum dan setelah detoks agar tubuh Anda menyesuaikan diri dengan proses detoksifikasi ini. Anda dapat melakukan proses ini seminggu sekali atau dua minggu sekali tergantung kesanggupan dari tubuh Anda.

Anda juga disarankan untuk mengonsumsi jus tidak kurang dari 8 gelas perhari dan air putih yang lebih banyak sekitar 10 gelas per hari. Konsumsi tambahan protein seperti susu almond atau susu kedelai juga baik dilakukan dalam proses detoks ini.

Manfaat dari detoks dengan menggunakan jus buah dan sayur ini akan dapat Anda rasakan setelah tiga sampai empat kali melakukan detoks ditambah dengan melakukan olahraga secara rutin tentunya. Manfaatnya antara lain, tubuh Anda akan terasa lebih ringan karena bobot dan lemak tubuh Anda biasanya akan ikut berkurang, daya tahan tubuh meningkat, dan pencernaan menjadi lebih sehat. Bagaimana Anda tertarik untuk mencoba?

Don't miss the stories follow BukaFakta.com Berita Aktual Independen dan Terpercaya and let's be smart!
Related posts