2:52 pm - Sabtu November 18, 2017

Doodle Rayakan Hari Ulang Tahun Penemu Pulpen Modern, Ladislo Jose Biro

207 Viewed Retno
ladislao

BukaFakta.com – Halaman Google kali ini dihiasi dengan gambar animasi berbentuk tulisan Google menggunakan pulpen modern. Hal tersebut sekaligus untuk memperingati hari ulang tahun dari Ladislao Jose Biro yang ke-117.

Ladislao Jose Biro sendiri merupakan penemu dari pulpen modern, dan berkat penemuannya tersebut manusia dapat menggantikan pensil serta pulpen kuno yang berasal dari bulu ayam dan sejenisnya.

Ladislao Jose Biro lahir pada 29 September 1899 di Hungaria. Biro memiliki kakak yang bernama Gyorgy Biro, dan ayah ibunya bernama Mozes Natyas Schweiger serta JankaUllmann. Awal mula ia memperkenalkan pulpen modern adalah ketika ia menghadiri pameran Budapest Internasional Fair di ibu kota Hungaria pada tahun 1931. Di tahun 1938, kemudian pulpen modern milik Ladislao Jose Biro di patenkan di negara Paris.

BACA JUGA :  Jangan Pakai Ponsel Ketika Cuaca Buruk, Ini Dampaknya!

Ketika ia bekerja sebagai wartawan di tanah kelahirannya, ia melihat tinta yang digunakan untuk mencetak koran bisa kering dengan cepat. Kemudian ia mencoba hal serupa pada pulpen, tetapi tinta tidak bisa mengalir ke ujung karena tintanya terlalu kental.

Dengan bantuan saudaranya, Ladislao mengembangkan sebuah pena baru dengan bentuk bola di ujungnya. Saat bola tersebut berputar, maka otomatis akan mengambil tinta dari cartridge, kemudian menggelinding dan menempel di kertas.

BACA JUGA :  Bayi Dari AS Lahir Dengan Ukuran Lidah Orang Dewasa Hingga Menyebabkan Sulit Bernafas

Ladislao Jose Biro berencana untuk menciptakan biro, ia akan memulai produksinya pada tahun 1944 dengan nama ‘Eterpen’. Namun di tahun 1945, Marcel Bic resmi membeli paten Biro untuk pulpen dan menjadikannya sebagai produk utama perusahaan BIC.

Sayangnya, Ladislao meninggal di usia yang ke 85, yaitu pada tanggal 24 November 1985 di Budapest, Hungaria.

Don't miss the stories follow BukaFakta.com Berita Aktual Independen dan Terpercaya and let's be smart!
Related posts