5:09 am - Sunday 26 September, 2021

Gemuruh Fans Leicester Bikin Gempa Bumi

Mar 8, 2016 1021 Viewed Agus
Gemuruh Fans Leicester Bikin Gempa Bumi

BukaFakta.com – Sepak terjang Leicester City pada Premier Leage musim ini tidak ubahnya seperti ‘gempa bumi’ yang memporak-porandakaan tatanan ideal klasemen dan mengubah prediksi awal yang disusun para pengamat sepak bola. Betapa tidak, dari sebuah tim kecil yang sebelumnya tidak dilirik sama sekali, kini hampir bisa dipastikan bakal menjuarai liga sepak bola paling bergengsi di Inggris tersebut dengan menduduki peringkat teratas klasemen sementara, terpaut 5 point dari Tottenham Hotspur yang menduduki urutan kedua.

Selain sepak terjang Leicester City  yang mampu menciptakan ‘gempa bumi’ di Premier Leage, aksi dari para fans klub yang berjuluk ‘The Foxes’ (Rubah) ini saat merayakan gol ternyata juga dapat menyebabkan gempa bumi ringan dalam arti yang sebenarnya. Hal tersebut  dibuktikan dalam penelitian ilmiah yang dilakukan mahasiswa geologi Universitas Leicester pada beberapa pertandingan terakhir yang dilakoni The Foxes.

Saat Leicester menjamu Norwich di pekan ke-27 pada lanjutan Premier Leage, 27 Pebruari 2016, gol penentu kemenangan 1 – 0 yang disarangkan Leicester ke gawang Norwich di menit ke-89, membuat stadion King Power bergemuruh dengan sangat dahsyat oleh suara hiruk pikuk ribuan fans dan menyebabkan efek gempa berkekuatan 0,3 skala richter di stadion yang menjadi kandang Leicester tersebut.

BACA JUGA :  Pernyataan Jorge Lorenzo Terkait Gugurnya di Sirkuit Belanda

Efek gempa ringan yang ditimbulkan oleh perayaan kemenangan fans The Foxes itu direkam oleh seismograf atau alat pengukur gempa yang ditanam oleh para mahasiswa geologi universitas Leicester di  halaman sebuah sekolah yang lokasinya tidak jauh dari stadion tempat pertandingan berlangsung.

Gol penentu kemenangan yang diciptakan Leonardo Ulloa yang membuat Leicester semakin kokoh di puncak klasemen dengan selisih 5 gol dari Tottenham Hotspur yang menempati urutan kedua, menurut Ketua Tim  peneliti, Richard Hoyle, memicu aktifitas seismik di area sekitar stadion King Power. Jika diperbandingkan, magnitudo gempa yang ditimbulkan oleh suara hiruk pikuk fans Leicester tersebut, hampir sama dengan kekuatan gempa yang ditimbulkan oleh sebuah granat tangan besar.

BACA JUGA :  Prediksi Hasil Skor Barcelona vs Malaga dan Jadwal Liga Liga Spanyol 19 November 2016

“Data menunjukkan adanya satu korelasi yang kuat antara kemunculan sinyal seismik dengan waktu terciptanya gol. Alat kami menangkap gempa kecil yang ditimbulkan oleh energi mendadak dari sorak sorai yang dilepaskan oleh fans Leicester saat merayakan gol kemenangan,” ungkap Hoyle.

Penelitian yang sama dilakukan oleh tim mahasiswa geologi saat Leicester menjalani duel kandang terbaru melawan West Bromwich Albion pada 1 Maret 2016. Gempa berkekuatan kecil lagi-lagi tercipta saat fans The Foxes merayakan gol yang dibuat Danny Drinkwater. Hanya saja efek gempa yang ditimbulkan tidak sekuat sebelumnya, karena seismograf hanya mendeteksi gempa berkekuatan 0,1 skala Richter. Menurunnya aktivitas seismik tersebut bisa jadi karena pada pertandingan tersebut Leicester hanya mampu menahan imbang tim tamu dengan skor 2 – 2. (*)

Don't miss the stories follow BukaFakta.com Berita Aktual Independen dan Terpercaya and let's be smart!
Related posts