11:59 am - Monday 27 September, 2021

ISC, Spirit Baru Kompetisi Sepak Bola Indonesia

Feb 27, 2016 997 Viewed Agus
sepak bola

BukaFakta.com – Meski keputusan dari pemerintah terkait pencabutan sanksi pembekuan PSSI baru akan diumumkan oleh Menpora pada hari Senin. 29/2, yang akan datang, namun rencana akan digulirkannya kompetisi baru masih terus berjalan dan semakin dimatangkan. Hal tersebut ditandai dengan digelarnya pertemuan antara PT Gelora Trisula Semesta (GTS) dengan seluruh klub yang bakal meramaikan kompetisi tersebut, baik dari Divisi Utama maupun ISL.

Pada pertemuan yang berlangsung di Hotel Park Lane, Jakarta, Jumat, 26/2 tersebut disepakati, nama kompetisi yang semula Indonesia Super Competition diganti dengan Indonesia Soccer Campionship (ISC). Perubahan nama kompetisi tersebut, menurut Direktur Utama PT GTS, Joko Driyono, dimaksudkan untuk memberi spirit baru bagi kompetisi yang akan digelar.

Kompetisi ISC sendiri, nantinya akan dibagi menjadi dua level, yakni ISC A yang akan diikuti club-club ISL dan ISC B yang akan mempertemukan club-club yang ada di Divisi Utama. Format pertandingan untuk kedua level ISC diperkirakan akan berbeda, sebab untuk ISC A yang bakal diikuti 18 club ISL akan menggunakan format satu wilayah, sementara ISC B yang diramaikan 59 club akan dibagi menjadi 8 grup, disusul dengan babak 16 besar, 8 besar, hingga semifinal dan final.

BACA JUGA :  Prediksi Hasil Skor Barcelona vs Malaga dan Jadwal Liga Liga Spanyol 19 November 2016

Guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan bersama dikemudian hari, sebelum kompetisi digelar, PT GTS akan terlebih dahulu melakukan verifikasi terhadap seluruh club, dan club-club yang menjadi peserta ISC harus memenuhi sejumlah persyaratan, Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi club, diantaranya adalah Quality Management System, laporan keuangan dari masing-masing club, serta adanya sistem penyelesaian jika terjadi sengketa antara pemain dengan club.

“Menurut rencana, deadline pelaksanaan verifikasi pada 5 Maret 2016, karena pada tanggal 15 Maret jadwal harus sudah terkonfirm, dan pada 15 April ISC A mengawali kick off sedang untuk ISC B kick off  akan dilaksanakan pada 23 April. Kompetisi ini diperkirakan akan berakhir pada 18 Desember 2016,” papar Joko Driyono.

BACA JUGA :  Berita Terkini : Prediksi Persib vs Semen Padang Sabtu 19 November 2016 dan Jadwal ISC/TSC

Club-club yang nantinya akan berlaga di ajang ISC akan memperoleh dana subsidi yang nilainya berbeda-beda. Club-club ISL akan menerima suntikan dana tidak kurang dari Rp. 5 milyar, sedangkan club Divisi Utama, dana subsidi yang bakal diterima sebesar Rp. 400 juta pada babak penyisihan, ditambah Rp. 350 juta untuk club yang lolos ke babak 16 besar, dan masih akan ditambah lagi sebesar Rp. 150 juta jika berhasil masuk ke babak perempat final atau babak 8 besar.

Untuk penggunaan pemain, setiap club nantinya hanya boleh memakai empat pemain asing yang salah satu diantaranya harus pemain konfederasi Asia. Sementara dana belanja pemain bagi setiap club tidak boleh kurang dari Rp. 5 milyar dan tidak boleh lebih dari Rp. 10 milyar. Batasan anggaran belanja pemain tersebut diberlakukan guna menjaga nilai kompetitif dari ISC. (*)

Don't miss the stories follow BukaFakta.com Berita Aktual Independen dan Terpercaya and let's be smart!
Related posts