4:29 am - Sunday 26 September, 2021

Korea Utara Kembali Luncurkan Rudal Balistik, Militer AS Kecam Perbuatan Tersebut

Okt 16, 2016 736 Viewed Retno
Rudal

BukaFakta.com – Korea Utara kembali melakukan uji coba rudal balistik, namun percobaan tersebut gagal. Sistem Komando Strategis Amerika Serikat (AS) telah mendeteksi adanya kegagalan dari aktifitas uji coba rudal baistik terbaru yang dilakukan oleh Korea Utara. Pernyataan tersebut diumumkan oleh Pentagon.

“Kami sangat mengutuk ini dan uji coba rudal Korea Utara lainnya. Jelas pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB yang secara eksplisit melarang Korut melakukan peluncuran dengan teknologi rudal balistik,” jelas Gary Ross, juru bicara Pentagon.

BACA JUGA :  Demi Kesembuhan Ibunya, Gadis 19 Tahun ini Menawarkan Dirinya di Media Sosial

Selain itu, militer Korea Selatan juga sudah mendeteksi adanya peluncuran yang telah diduga sebagai rudal Musudan. Namun peluncuran itu mengalami kegagalan. Pihak Korea Selatan juga mengecam bahwa perbuatan tersebut termasuk pelanggaran terhadap resolusi DK PBB.

“Peluncuran rudal balistik Korea Utara merupakan pelanggaran yang jelas dari resolusi DK PBB dan kami sangat mengutuk atas tindakan ilegal yang telah dilakukan Korea Utara yang provokatif,” ungkap kepala staf gabungan Korea Selatan.

BACA JUGA :  Serangan Untuk Merebut Kembali Kota Mosul Dari ISIS Telah Di Mulai

Bukan hanya sekali, dalam tahun ini Korea Utara sudah melakukan sejumlah uji coba rudal balistik, bahkan pihak PBB pun juga melarang negara ini dalam menggunakan teknologi balistik atau nuklir.

Pada bulan Agustus kemarin, pejabat Jepang dan Korea Selatan menyatakan bahwa rudal balistik diluncurkan sejauh 1.000 km serta mendarat dekat wilayah perairan Jepang.

Dan sebulan kemudian, Korea Utara juga melakukan uji coba dengan daya ledak besar sampai mengakibatkan gempa dengan kekuatan 5 skala Richter.

Don't miss the stories follow BukaFakta.com Berita Aktual Independen dan Terpercaya and let's be smart!
Related posts