10:22 am - Selasa Juni 20, 2017

Manfaat Jus Semangka untuk Kesehatan

39 Viewed Santi
jus semangka

BukaFakta.com – Semangka merupakan buah yang kaya akan kandungan air nya, sehingga buah ini cocok dikonsumsi saat cuaca panas. Buah ini tidak hanya memberikan kesegaran saja lho, melainkan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Semangka kaya akan enzim yang dikenal sebagai lycopene. Lycopene ini sangat kuat dan memiliki kemampuan mencegah gumpalan darah di otak, dengan memperbaiki aliran darah. Selain itu, lycopene dalam semangka juga bisa mencegah perbanyakan abnormal sel dalam tubuh untuk mencegah penyakit seperti kanker.

Bahkan, manfaat lainnya yang dihasilkan semangka seperti dilansir dari healthambition.com, yaitu:

1. Manfaat lycopene untuk kulit

Untuk menjaga kulit tetap sehat, kalian dapat mengonsumsi jus semangka. Karena, jus semangka memberikan pelrindungan antioksidan ekstra terhadap sina ultraviolet pada kulit kalian. Sehingga, dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan pada mata, keriput dan kanker kulit.

BACA JUGA :  Bau Kentut Bisa Digunakan untuk Terapi Cegah Kanker

2.Citrulline untuk aliran darah

Dalam jus semangka mengandung citrulline asam amino yang sangat tinggi. Jadi, citrulline yang terdapat didalam tubuh akan menjadi arginine, asam amino esensial untuk meningkatkan aliran darah dan memperlambat pembuluh darah.

Efek positif pada sistem kardiovaskular ini memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Karena, semangka dapat dikonsumsi untuk merelaksasikan pikiran saat sedang stres. Selain itu, dapat mengurangi nyeri otot setelah berolahraga.

3. Menurunkan berat badan

Kalian dapat mengonsumsi jus semangka sebelum makan, karena sangat bagus untuk hidrasi, nutrisi tinggi dan kalori sangat rendah. Untuk itu, semuanya membantu menurunkan berat badan.

4. Anti peradangan

Semangka kaya akan flavonoid, karotenoid seperti lycopene dan beta-karoten dan senyawa lainnya yang melawan peradangan yang disebut triterpenoid.

BACA JUGA :  Empat Bahaya Mengancam Ksehatan Anda dengan Menggunaan Botol Plastik

5. Vitamin dan mineral

Semangka memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, serta memiliki lebih dari cukup beta karoten yang bisa diubah menjadi vitamin A di tubuh kalian jika dibutuhkan. Ada juga sejumlah kecil vitamin B.

Kalium dan magnesium diwakili dengan baik dalam mineral semangka, dan terutama jika kalian menyiram atau mencampurnya, bijinya mengandung kadar besi dan seng yang baik.

Jadi, untuk mendapatkan manfaat diatas, kalian dapat membuat jus semangka dirumah dengan mudah. Berikut cara untuk membuat jus semangka :

Pilih semangka yang bagus agar rasa manis alami dapat dihasilkan dari semangka. Lalu, kalian potong-potong buah semangkanya. Setelah itu kalian jus. Kalian tidak perlu menambahkan air, karena semangka menghasilkan air yang lebih. Selamat mencoba.

Don't miss the stories follow BukaFakta.com Berita Aktual Independen dan Terpercaya and let's be smart!
Related posts