10:22 am - Selasa Juni 20, 2017

Mie Instan Asal Korea Tak Berlabel Halal dari MUI

31 Viewed dewanti
Mie instan asal Korea Selatan samyang

BukaFakta.com – Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Lukmanul Hakim memastikan bahwa produk mie instan asal Korea Selatan yang mengandung fragmen babi tidak terdaftar dan berlabel MUI.

Keempat produk mie itu antara lain, Samyang (mie instan U-Dong), Samyang (mie instan rasa Kimchi), Nongshim (mie instan Shin Ramyun Black) dan Ottogi (mie instan Yeul Ramen) sebelumnya dinyatakan mengandung fragmen babi oleh BPOM.

“Belum (berlabel MUI), Samyang ada beberapa importir dan rasa jenis Samyang. Yang dirilis BPOM belum mendaftar sertifikasi halal juga, enggak ada bersertifikasi halal dan belum mendaftar ke MUI juga,” kata Lukmanul Hakim, Minggu (18/6).

BACA JUGA :  Kenali Lima Makanan Untuk Meningkatkan Kesehatan Kulit

Ia juga mengatakan, produk mie tersebut tak bekerjasama dengan MUI untuk mendapatkan label halal.

“Tidak, karena importir masih bebas, halal atau tidak halal masih bebas artinya masih hutan belantara ya. Memang ada jenis rasa yang sedang mengajukan tapi tidak ada dalam daftar itu,” kata Lukmanul.

Menurut dia, produk itu sudah mendapatkan nomer makanan luar negeri dari BPOM, sehingga dizinkan masuk ke Indonesia oleh BPOM.

BACA JUGA :  Ternyata Makanan Ini Bisa Mengurangi Kadar Asam Urat

Lebih lanjut, Lukman mengatakan hal yang dipersoalkan yakni adanya kandungan dzat babi dan tidak dicantumkan logo babi dalam kemasan.

Seharusnya, produk mie itu memberikan label babi jika mengandung fragmen babi. Jika produk itu tidak mengandung fragmen babi, maka dalam kemasan diberikan label halal.

Don't miss the stories follow BukaFakta.com Berita Aktual Independen dan Terpercaya and let's be smart!
Related posts