1:02 pm - Jumat Juli 28, 2017

Pemprov Jabar Siapkan Fasilitas Kesehatan Jelang Mudik Lebaran

23 Viewed Santi
Jelang Mudik Lebaran facilitas kesehatan
Posko kesehatan di jalur mudik

BukaFakta.com – Menghadapi arus mudik lebaran, khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan Jabar menyiagakan 1.452 fasilitas kesehatan.

Fasilitas yang disediakan ini terdiri atas puskesmas, posko kesehatan, dan rumah sakit umum daerah (RSUD) dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2017.

Kepala Dinas Kesehatan ProvinsiJabar Dodo Suhendar mengatakan, 1.452 instansi kesehatan itu terdiri dari 771 puskesmas, 310 posko kesehatan di jalur mudik, 241 pos kesehatan terpadu dengan instansi lain, serta 130 RSUD rujukan.

“Hampir setengahnya puskesmas tersebut tersebar di jalur utama mudik. Selain jalur mudik, kawasan wisata pun menjadi sasaran siaga pelayanan kesehatan,” katanya dalam siaran pers Biro Humas Setda Provinsi Jawa Barat, Minggu,(18/6).

BACA JUGA :  Empat Makanan Ini Bermanfaat Menambah Masa Otot pada Tubuh Kurus Anda Lho!

Selain ribuan instansi kesehatan, pihaknya juga menyiagakan 1.098 dokter yang dibantu 4.479 perawat serta 678 mobil ambulans dan puskesmas keliling. Seluruhnya akan harus bersiaga pada tujuh hari sebelum dan tujuh hari sesudah masa arus mudik dan arus balik Lebaran 2017.

Menurut dia, Dinkes Jabar juga sudah bekerja sama dengan Polda Jawa Barat untuk memetakan titik rawan kemacetan nantinya akan disiagakan ambulans motor yang berfungsi memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan secara lebih cepat di kawasan macet.

“Mereka akan bertugas bersama motor kepolisian di pos terpadu sementara ambulans mobil sendiri disiagakan tiap dinkes kabupaten/kota di setiap pintu tol,” kata dia.

BACA JUGA :  Bahaya Ponsel Jika Didekatkan Saat Tidur

Dodo menambahkan, kesiapsiagaan lainnya adalah menghadirkan layanan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan via layanan gratis nomor darurat 119 yang akan dihadirkan di Kabupaten Bekasi, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Bekasi, dan Kota Bogor dan sisa kota lainnya sedang dalam proses.

Selain itu, Dinkes Jabar juga telah membentuk pos komunikasi arus mudik bidang kesehatan di kantor Dinkes Provinsi Jawa Barat Jalan Pasteur Nomor 25 Kota Bandung, sekaligus membentuk tim pemantau dan jadwal piket posko arus mudik Idul Fitri Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat (H-7 s/d H+7).

Don't miss the stories follow BukaFakta.com Berita Aktual Independen dan Terpercaya and let's be smart!
Related posts