10:37 am - Selasa Oktober 22, 2019

Sepak Terjang Dr. Zakir Naik dari Dokter menjadi Pendakwah

1583 Viewed Sinta Rizki

BukaFakta.com – Dr. Zakir Naik adalah seorang pembicara muslim yang terlahir pada 18 Oktober, 1965 di Mumbai, India. Selain menjadi pembicara umum muslim di India, beliau juga menjadi seorang penulis keislaman dan juga perbandingan antar agama. Tidak hanya itu saja, bahkan secara profesi, beliau juga merupakan seorang dokter medis yang telah berhasil mendapatkan gelar Bachelor of Medicine and Surgery/ MBBS yang berasal dari Maharashtra. Namun sayangnya, sejak di tahun 1991, pada akhirnya beliau menjadi seorang ulama yang kemudian menjadi terlibat dalam dunia dakwah Islam sekaligus perbandingan agama.

Yang pasti, Dr. Zakir ini merupakan keturunan Konkani yang pada mulanya bersekolah di St. Peter’s High School di Mumbai. Selanjutnya, beliau bergabung dengan Kishinchand Chellaram College. Dari situlah pada akhirnya beliau belajar tentang kesehatan di Topiwala National Medical College dan juga Nair Hospital yang ada di Mumbai, India.

Setelah itu, beliau mendapatkan gelar MBBS di University of Mumbai. Barulah di tahun 1991, beliau akhirnya berhenti untuk bekerja menjadi seorang dokter medis, dan kemudian beliau beralih ke bidang dakwah islam dan proselitisme Islam.

Hal tersebut beliau lakukan karena beliau telah terisnpirasi oleh gurunya, Ahmed Deedat yang juga seorang Da’i, namun telah meninggal dunia di tanggal 8 Agustus 2005. Dimana pada saat itu ada banyak orang Kristen yang berpikir bahwa meninggalnya Ahmet Deedat tersebut dikarenakan kualat atas seringnya mengkritisi Kristen. Karena sebelum beliau meninggal, beliau telah berceramah di Sidney di Australia dengan membawakan tema: Paskah: Dilihat dari Sudut Pandang Islam.

BACA JUGA :  Fakta Menarik Zakir Naik Soal Tafsir Al-Maidah 51 Yang Mengejutkan

Berdasarkan pemikiran Naik, sebenarnya beliau menggeluti dunia dakwah tersebut hanya ingin membuat para remaja Muslim untuk tidak meragukan agamanya sendiri. karena saat ini sangat disayangkan sekali bahwa ada banyak remaja yang merasa agama muslim kuno dan bahkwan meragukan agamanya sendiri, sehingga mereka tidak percaya diri dengan agamanya sendiri.

Tidak hanya itu saja, beliau juga menggeluti dunia dakwah itu juga karena ingin menghilangkan adanya kesalahpahaman terhadap Islam untuk melawan bias anti-islam yang terjadi di media Barat, akibat dari banyaknya serangan teroris di tanggal 11 September 2001 di Amerika Serikat.

Dari sanalah pada akhirnya Dr. Zakir Naik kini telah menjadi seorang pendiri sekaligus presiden di Islamic Research Foundation yang mana merupakan sebuah organisasi nirbala yang sudah menyiarkan jaringan saluran TV secara gratis, bernama Peace TV yang disiarkannya dari Mumbai, di India. Siarannya tersebut telah dilihat oleh ratusan juta orang di semua negara, bahkan sampai di benua Eropa.

Hal ini bisa dilihat juga dari tayangan videonya di You tube dimana beliau sering kali melakukan debat dan ceramah yang dihadiri oleh puluhan sampai dengan ratusan ribu jamaah dalam dakwahnya. Bahkan tidak hanya seorang muslim saja yang hadir, bahkan ada pula orang dari agama lainnya, yaitu dari kristen, budha, hindu, dan atheisme pun juga kerap hadir menjadi jamaah Dr. Zakir Naik untuk mendapatkan kesempatan dalam sesi tanya jawab tentang Islam dan perbandingannya.

BACA JUGA :  Jean Gardner Batten Jadi Topik Google Doodle Hari Ini

Dari sinilah ketika beliau mendapatkan pertanyaan, tak jarang pula ada banyak yang menentang Islam. Namun hal tersebut justru membuatnya untuk mengawali jawabannya dengan memberikan kata pujian terhadap pertanyaan yang disampaikan oleh penanyanya. Setelah itu, barulah beliau menjawab pertanyaan tersebut dengan sistematik, yaitu dimulai dari yang mendasar sampai dengan pengandaian yang sangat mudah dicerna dengan akal sehat. Bahkan, jawabannya tersebut juga seringkali disertai dengan dahlil yang bisa meyakinkan penanya.

Dari jawaban Dr. Zakir Naik itulah sering kali membuat publik langsung tercengang. Bahkan, jawaban yang beliau berikan pun disampaikan dengan tenang hati, sehingga beliau mampu mengalahkan lawan debatnya tersebut dalam beberapa diskusi tentang keagamaan sehingga membuat semua orang bertepuk tangan. Hal ini tentu tidak luput karena jawaban dan pendapatnya selalu bisa diterima dengan akal sehat.

Don't miss the stories follow BukaFakta.com Berita Aktual Independen dan Terpercaya and let's be smart!
Kanal
Related posts